Sunday, August 13, 2017

Raja Yang Tidak Puas Dan Seorang Yang Bijak

Raja Yang Tidak Puas Dan Seorang Yang Bijak

Raja Yang Tidak Puas Dan Seorang Yang Bijak
Raja Yang Tidak Puas Dan Seorang Yang Bijak

CRI4 - Raja Yang Tidak Puas Dan Seorang Yang Bijak Seorang yang bijak sedang melewati ibu kota kerajaan yang sangat terkenal. Saat dia berjalan, dia melihat koin mata uang tunggal di jalan. Kemudian Dia mengambilnya. Dia puas dengan kehidupannya yang sederhana dan dia tidak menggunakan koin itu. Jadi, dia berencana untuk menyumbangkannya kepada orang yang membutuhkannya. Dia berjalan-jalan di jalanan sepanjang hari tapi tidak menemukan orang seperti itu. Akhirnya, dia sampai di daerah istirahat dan menginap di sana.

Keesokan paginya, dia bangun di pagi hari untuk kegiatan kesehariannya dan melihat bahwa seorang raja sedang pergi untuk melakukan invasi ke negara lain dengan tentara siap perangnya. Ketika raja melihat orang bijak, dia memerintahkan pasukannya untuk dihentikan. Dia mendatangi orang bijak dan berkata, "Oh, orang bijak agung, saya akan berperang untuk memenangkan negara lain sehingga negara saya dapat diperluas. Jadi berkatilah aku untuk menjadi pemenang ".

Setelah berpikir, orang bijak tersebut memberi koin mata uang tunggal tersebut kepada raja! Raja bingung dan kesal dengan ini karena penggunaan apa yang dimilikinya untuk satu koin sementara dia sudah menjadi salah satu raja terkaya! Dia bertanya-tanya kepada orang bijak tersebut, "apa arti koin yang satu ini?"

Seorang yang bijak itupun menjelaskan, "Oh, Raja! Saya menemukan koin ini kemarin sambil berjalan-jalan di jalanan ibu kota Anda. Tapi saya tidak ingin menggunakannya. Jadi, saya memutuskan bahwa saya akan menyumbangkannya kepada seseorang yang membutuhkan. Saya berjalan-jalan sampai malam di ibukota Anda, tapi tidak menemukan orang yang membutuhkan koin tersebut. Semua orang di kerajaan ini hidup bahagia. Tampaknya mereka puas dengan apa yang mereka miliki. Jadi saya tidak menemukan satupun orang untuk saya memberikan koin ini. Tapi hari ini, raja negara ini, masih memiliki keinginan untuk mendapatkan lebih banyak lagi dan tidak puas dengan apa yang sudah dimilikinya, saya merasa Anda membutuhkan koin ini. "

Raja menyadari kesalahannya dan melepaskan perang yang direncanakan.

Pesan Moral: Kita semua harus belajar untuk bahagia dengan apa yang kita miliki. Ya, kita semua menginginkan lebih atau lebih baik dari yang sudah kita miliki, tapi jangan sia-siakan menikmati apa yang sudah Anda miliki. Ada orang-orang yang mungkin tidak memiliki apa yang Anda miliki, dan akan ada beberapa yang memiliki lebih dari yang Anda miliki. Jangan selalu membandingkan, berbahagialah dan menjalani hidup sehat.

0 comments:

Post a Comment